Asosiasi Dokter Amerika Resah Akan Dampak PlayStation

Ada sebuah kebiasaan dan kecanduan baru yang efeknya orang jadi mengabaikan teman, keluarga, bahkan lupa makan, lupa mandi. Tapi kebiasaan ini tidak terkait alkohol atau narkotika. Ini adalah dampak kecanduan bermain playstation

Para pakar psikologi Amerika, secara resmi menyatakan kekhawatiran mereka terhadap efek yang ditimbulkan dari kebiasaan sejumlah orang yang sangat gemar bermain playstation. Mereka menganggap penyakit yang ditimbulkan akibat kecanduan playstation harus segera diatasi karena bisa mengakibatkan penyakit kejiwaan yang cukup parah.

Para pakar medis itu mengatakan, ‘cukup’ untuk permainan play station karena permainan itu sudah menjadi candu layaknya seseorang terikat dengan narkoba. Penyakit ketergantungan dan kecanduan berat seperti itu menurut mereka akan menjadi pintu berbagai penyakit jiwa yang lainnya.

Dalam laporan yang diajukan American Medical Association-Forum Kedokteran AS yang menghimpun lebih dari 250 ribu dokter-disampaikan agar para dokter melakukan tekanan terhadap para penentu kebijakan bisnis untuk mulai menahan peredaran playstation. Mereka juga menyebutkan, agar para orang tua berperan aktif mengatur jadwal anak-anak mereka yang gemar bermain playstation, tidak lebih dari dua jam dalam satu hari.

DR. Martin Wasserman, seorang pakar kesehatan jiwa menyatakan bahwa pernyataan ini sangat masuk akal. Karena kecanduan playstation bisa mengakibatkan keguncangan jiwa dan biasanya bisa merambat pada pola kehidupan pribadi yang bisa merusak kehidupan keluarga.

Joyce Protopapas yang tinggal di Texas mengatakan, anaknya yang berusia 17 tahun bernama Michael, adalah pecandu playstation. Selama hampir dua tahun, playstation baik dari video maupun internet mengurung anaknya di rumah. Menurut Joyce, anaknya menghabiskan siang dan malam dengan bermain video game online yang biasa disebut World of Warcraft. “Ayah saya seorang alkoholik, dan saya melihat hal yang sama pada anak saya yang kecanduan playstation, ” ujar Protopapas. Ia kemudian berusaha menghilangkan kecanduan video game dari anaknya, Michael dengan melakukan berbagai langkah terapi.

Dalam diskusi mereka disampaikan hasil survey bahwa 90% dari pemuda dan remaja AS bermain playstation, sementara 15% dari mereka atau sekitar 5 juta orang kecanduan playstation.

Dr. Karen Pierce, seorang psikiater di Chicago mengatakan, bahwa saat ini ia menangani sejumlah anak yang bermain video games secara ekstrim. “Saya menemukan seorang dalam minggu ini, yang tidak tidur, tidak mandi, hanya karena video games. Mereka benar-benar sangat kacau, ” ujarnya. (na-str/akhbr)

Sumber : eramuslim.com

7 Tanggapan so far »

  1. 1

    mega said,

    bagaimana kita dapat meminimalisasikan dampak yang terjadi? karena dapat kita tahu bahwa tidak mungkin kita tidak memainkan atau bahkan mengenal play station !!!

  2. 2

    zahra said,

    ass.wr.wb
    memang playstation dapat merubah struktur kognisi anak menjadi tidak terprogram. terkadang anak lebih memilih menunda waktu belajar dan makan hanya untuk sebuah mainan bernama PS. hati-hati anak-anak Indonesia, jangan samapi kalian menjadi budak dari barang yang bernama PS itu ya……jauhi PS segera….!!!!!

  3. 3

    zahra said,

    ass.wr.wb
    memang playstation dapat merubah struktur kognisi anak menjadi tidak terprogram. terkadang anak lebih memilih menunda waktu belajar dan makan hanya untuk sebuah mainan yang bernama PS. hati-hati anak-anak Indonesia,jangan sampai kalian menjadi budak dari barang bernama PS itu ya……jauhi PS segera….!!!!!.

  4. 4

    leonhardt said,

    Saya ceh setuju aja. Bermaen PS ceh hrs di imbangi dengan belajar.

  5. 5

    cucuy said,

    yoi, gw juga setuju krn pengaruh ps dah sangat mempengaruhi kejiwaan seseorang, soalnya gw tadinya termasuk orang yang kecanduan ps, jangan kan mandi, makan, jadwal ngesek ma istri aja jadi terganggu karena dah ngantuk gara2 main ps 7 hari 7 malam uhf…

  6. 6

    kiki said,

    kalo bermain PS untuk hiburan kan gk apa2, asalkan tau waktu aja.
    lagian liat dulu apa yang “dia” mainkan?
    kalo gamenya berjenis simulator-kan itu bisa menjadi “bermain sambil belajar”.

  7. 7

    Nadira vugianti said,

    Widdih. . .
    Hai my friends,
    bermaen play stati0n itu,bza jqha melupakan kegiatan sehari**,dan merusak 0tk kita.jdi gk f0kus cma mata pelajaran.malah f0kus ke play stati0n . . .
    *bkhant saya s0-tau yahk,tpi emq bner2 saya tau*


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: