Aku Merindukanmu… Romadhon

a_010.gifSobat, pernah merasakan rindu, kan! Certain dong gimana rasanya. Apakah rasanya seperti ayam goreng atau seperti jagung rebus. So pasti rasa rindu tidak cukup di ungkapkan dengan kata-kata, tak puas di lukiskan dengan goreskan tinta apalagi ditukar dengan uang jutaan rupiah. Kalo dengan triliyunan rupiah gimana..?

Sobat, benar nggak sih! jika rindu telah menghampiri jiwa. Hati menjadi berbunga-bunga, bibir tak banyak bicara, bayangan-bayangan indah mewarnai hari-hari, dan rencana-rancana manis memenuhi fikiran. Andai, ia datang saat ini. Aku kusambut kedatangannya dengan sepenuh jiwa…apapun akan kulakukan untuknya….dan teruskan sendiri ya…

Betul sobat, Rindu merupakan ekspresi jiwa yang disebabkan oleh keinginan terulang kembali kesenangan, ketenangan, ketentraman dan kepuasan yang pernah dirasakan oleh jiwa ataupun raga kita. Nah, saat tersiar kabar, yang kita rindukan akan segera datang. Hmm..kita pasti bersibuk ria mempersiapkan diri untuk menyambut kedatangannya, tul nggak. Hati dan pikiran kita hanya tertuju padanya, rencana-rencana saat bersamanya pun dirancang

Dia telah Datang

Beberapa hari lalu yang dirindukan oleh muslim di seluruh penjuru dunia telah datang, dialah bulan suci “Romadhon”. Bulan yang Agung penuh dengan barokah. Bulan yang didalamnya terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan (lailatul qodar). Bulan yang nilai ibadah sunah disamakan seperti ibadah fardu dan ibadah fardhu dilipatgandakan 70 kali dibulan lainnya. Sobat, wajar kan kalao kita sangat merindukannya. En ditambah lagi, pada bulan puasa ditutup pintu-pintu neraka dan dibuka pintu-pintu syurga, serta setan-setan pada dibelenggu. Terbuktikan, masjid-masjid sangat ramai saat romadhon tiba, tempat-tempat maksiat ditutup, orang-orang pada malu berbuat maksiat di bulan romadhon. Lho…itu diujung sana ko’ masih ada yang berpacaran….katanya setan-setan diborgol, ko’ bisa keliaran. Nah kalo seperti itu jangan-jangan setanya lepas, yo’ kita borgol aja yo’… (maaf ya gamma nggak bilang dia setan, lo…).

Kusambut kedatanganmu

Agar punya arti dan kesan mendalam saat bersamanya (romadhon), kita perlu persiapan untuk menyambutnya. Rosullullah selalu berdo’a menjelang kehadiran romadhon, “Allahumma baariklanaa fii rajaba wa sya’bana wa balighnaa Ramadhan” artinya, Ya Allah berkahilah kami di bulan rajab dan sya,ban dan sampaikanlah kami di bulan Romadhon. Terus persiapan lainya, perlu banget kita siapin yaitu; Persiapan Hati, persiapan jasmani, persiapan ilmu, persiapan rencana/program.

Persiapan hati. Sobat, hati merupakan raja dalam diri manusia. Yang akan mengontrol dan merangsang pergerakan tubuh kita untuk melakukan sesuatu. Komitmen kita dalam beribadah kepada Allah hanya diketahui oleh hati. Sedangkan dalam perjalanan waktu komitmen hati tersebut diganggu oleh penyakit-penyakit hati seperti ; sombong, riya’ panjang angan-angan, takabur, de el el. Saking banyaknya penyakit hati kita perlu berlatih untuk melawannya dengan membiasakan ibadah dengan ikhlas hanya untuk Allah semata. Memang agak susah…, biarin aja kita berlatih dan berusaha untuk ihklas beribadah. Awalnya ibadah karena ikut-ikutan atau karena disuruh do’i atau mungkin karena faktor liannya, Yang penting mau ibadah dulu en seiring perkembangan waktu ilmu terus bertambah. Baru luruskan niat dan mantapkan hati ibadah hanya untuk Allah. Walaupun belum ihklas banget, yakinlah semua yang kita lakukan akan punya nilai dihadapan Allah.

Persiapan Jasmani. Sobat, alangkah ruginya dibulan romadhon kita tidak bisa menikmati dengan banyak beribadah lantaran kondisi kita sakit. Walopun sakit datangnya dari Allah, paling tidak kita berusaha menjaga sebisa mungkin dari hal yang menyebabkan sakit. Misalnya pola makan tidak teratur, sering banyak begadang, de el el. Yang sedang sakit en nggak bisa puasa bukan berarti tak punya romadhon! Justeru Allah semakin dekat en sayang dengan sobat, dengan syarat sabar menerima ujian-Nya dan lakukanlah sesuatu yang bernilai ibadah, misal; sambil badan terbaring ditempat tidur namun bibir dan hati terus berdzikir pada Allah atau ndengerin or melihat acara-acara bernuansa religi. Sekecil apapun yang kita lakukan dengan ikhlas akan bernilai besar di mata Allah.

O, ya. Sobat masih inget kan, kalo aktivitas jasmani yang nggak bener bisa mengurangi bahkan menghilangnya pahala puasa. Seperti pandangan mata yang jelalatan, kebiasaan ngerumpi, ngomong jorok, ngumpat, marah-marah, de el el. Kalo tidak dibiasakan dikontrol en dilatih dari sebelum puasa, wah bisa repot waktu puasa. Bisa-bisa habis pahala puasanya, sayang banget kan!.

Persiapan Ilmu. Yang nggak kalah penting, sobat mesti ngerti; rukun puasa, hal-hal yang membatalkan puasa, yang membatalkan pahala puasa, de el el.. Jangan sampe makan dua piring dengan sengaja dibilangnya ngak batal puasanya, malu’ dong ama adik. Orang yang mengerjakan sesuatu tanpa ilmu ibarat pohon yang berdaun rindang tapi tak berbuah. Tentu rugi dong! Sekarang sobat baca sendiri aja ilmu-ilmu yang berkaitan dengan puasa ya….

Persiapan Program. Agar hari-hari bersamanya penuh dengan kenangan. Kita perlu merancang program, baik program kelompok dengan sahabat-sahabatmu atau program sendiri. Yang disetujui oleh komitmen diri dengan pengawas kegiatan Allah subhanallahu wa ta’ala. Misalnya ; target baca Alqu’an khatam, tidak tinggal sholat lima waktu bagi yang sholatnya seperti zebra (belang-belang), memperbanyak sholat sunah, selalu baca buku tiap sore menjelang buka, de el el.

Nah, kalo kemaren-kemaren belum ada persiapan, boleh juga kita mulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat dalam meningkatkan kualitas ibadah.

Ada Apa Dengan-mu Romadhon

Sepertinya sangat wajar bagi orang-orang islam yang beriman pada Allah dengan sepenuh hati. Orang-orang yang merindukan syurga di negeri akhirat. Negeri yang penuh kebahagiaan tidak ada kesedihan, negeri yang memberikan kecukupan semua yang kita minta, negeri yang tidak ditemukan kemarahan, negeri yang indah dan penuh kenikmatan syurgawi yang tidak semua kita temukan di dunia. Romadhon sangatlah berarti bagi Orang-orang yang tidak mengejar kesenangan dunia dan mengejar kesenangan akhirat, orang-orang yang tidak mengikuti hawa nafsu dan tidak mengikuti bujuk rayu syetan la’natullah. Orang-orang yang takut masuk neraka, yang penghuninya akan menagis sampai habis air matanya, kemudian berganti dengan darah hingga wajah mereka seperti parit (rongga), tiada minuman yang melezatkan kecuali air mendidih, nanah dan darah,naudzubillah.

Sobat, bagaimana nggak kangen berat ama romadhon. Gimana nggak terpesona dengannya. Habisnya dia punya banyak kelebihan. Dia (romadhon) bukan hanya mengumbar janji-janji palsu tapi bukti konkret.

Sabda Rosullalllah SAW, “ Barang siapa berpuasa pada bulan romadhon dan mengetahui batas-batasnya dan menjaga diri dari apa yang patut dijaga (hal-hal yang membatalkan puasa dan pahala puasa) dihapuskanlah dosanya yang sebelumnya”.(HR. Ahmad dan Baihaki).
Kaya’nya nggak ada deh orang didunia ini yang nggak punya dosa kecuali Rosulullah SAW. Ternyata Allah memberi jaminan bagi kita-kita yang berpuasa akan diampuni dosa-dosa kita masa lalu. Kalo udah diampuni insaAllah kita telah megang tiket masuk syurga. Makanya sayang sekali kalo kita tidak berpuasa.

Wah, ada yang lebih dasyat lagi. Kata Rosulullah SAW, dari Abu Sa’id Al Hudzri ra,” Tidaklah seorang hamba berpuasa satu hari dijalan Allah, kecuali akan Allah jauhkan wajahnya dengan hari itu dari api neraka sejauh tujuh puluh tahun” (HR.Jama’ah kecuali Abu Daud).

Sobat, nanti di syurga akan ada pintu special bagi orang-orang yan ngejalanin puasa, seperti yang Rosululluh SAW sabdakan,” Syurga itu memiliki suatu pintu yang dijuluki Royyan, akan diserukan pada hari kiamat, ‘Dimanakah orang-orang yang berpuasa?’ Apabila mereka telah memasukinya, ditutuplah pintu tersebut”. (HR.Buchari –Muslim). Semoga kita juga termasuk salah satu dari orang yang terdaftar di pintu masuk Royyan. InsaAllah dengan puasa saat ini bisa mendapatkan tiket masuk pintu tersebut.

Sobat kenal perisai?…betul, sering dikenal dengan “tameng” atau “benteng”. Nah, ternyata puasa itu bisa sebagai perisai api neraka. Sabda Rosulallah SAW, “ Sahoum itu perisai yang membentengi manusia dari neraka. Dan shoum itu untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan memberi pahala”.(HR. Ahmad).
Ngomong-ngomong, kalo api neraka aja dapat ditahan apalagi kilatan pedang dan letusan peluru atau “ketepel”. Emang benar, kemenangan kaum muslim melawan kaum kafir banyak terjadi di bulan romadhon.

En puasa itu ibadah special untuk Maha Boss kita yaitu Allah. Jadi puasa itu diawasai langsung oleh Allah. Kalo kita lagi ulangan diawasi langsung oleh Presiden bagaimana rasanya?, tentu bangga dong, en harus serius. Sama halnya dengan puasa yang Allah langsung pengawas dan penilainya.

Sobat, Orang yang masuk syurga belum tentu karena amalnya yang banyak, tapi yang yang pasti karena kasih dan sayang Allah. En syafaat (ampunan) Allah sangatlah diharapkan untuk kita-kita yang belum bisa beribadah dengan kaffah. Syafaat Allah dapat merubah yang semestinya masuk neraka karena timbangan amal baik kita lebih sedikit dari pada amal jelek menjadi masuk syurga. Berarti kita tidak boleh melewatkan peluang untuk mendapatkan Syafaat Allah, gimana caranya?….
Sabda Rosullallah SAW, “ Shoum dan baca Al-qu’an itu keduanya akan memberi syafaat pad manusia di hari kiamat”. (HR. Ahmad).

Sobat, mumpung kita masih berada dalam pelukan Romadhon. Hari-hari masih bercengkrama dengan nya. Jangan sampai ada penyesalan setelah kepergiannya. Jangan sampai ada sejenakpun kita abaikan dia. Karena nggak lama lagi dia akan balik kembali ketempatnya dan akan menjumpai kita setahun kemudian. Tahukah kita tahun depan masih ketemu romadhon!, yah semoga masih. Siapa tahu ini Romadhon terarhir dalam hidup kita. Sementara banyak dosa yang masih kita punya dan sedikit amal sholeh yang kita perbuat. Di bulan Romadhon inilah peluang emas kita untuk meraih derajat “Taqwa” dengan jaminan syurga. insyaAllah. (A. ‘Athaya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: